Kamis, 10 September 2020

Jelang Harbolnas Bisa Membuat Antusiasme Masyarakat Meningkat

Jelang Harbolnas Bisa Membuat Antusiasme Masyarakat Meningkat- Hari belanja online nasional akan digelar pada 12 Desember mendatang. Perayaan ini sekaligus untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat tentang kemudahan berbelanja online secara aman, nyaman, dengan harga yang terjangkau. Selain itu, hajatan ini juga bertujuan untuk memajukan industri e-commerce di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet yang tinggi.

Portal diskon tanah air CupoNation baru-baru ini melakukan penelitian untuk mengetahui perhatian masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online Harbolnas atau promo 12.12. Penelitian dilakukan dengan melakukan pencarian kata kunci 12.12 melalui Google Keyword Planner periode 1 Januari sampai dengan 31 Desember. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh CupoNation diketahui bahwa perhatian masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online 12.12 telah meningkat selama 2 tahun terakhir.

Jelang Harbolnas Bisa Membuat Antusiasme Masyarakat Meningkat

Pada tahun lalu jumlah pencarian kata kunci promo 12,12 di mesin pencari google meningkat 165 persen. Peningkatan semangat masyarakat Indonesia terhadap Harbolnas juga terjadi pada tahun ini. Hal tersebut ditunjukkan dengan jumlah pencarian kata kunci untuk 12,12 yang meningkat tajam menjadi 682 persen dari tahun lalu, serta pencapaian yang cukup signifikan.

Hal ini menunjukkan semakin besar semangat masyarakat Indonesia untuk menunggu Harbolnas Week untuk dapat berbelanja online dengan harga murah di toko-toko yang berpartisipasi, ”ujar Humas dan Communication Manager CupoNation, Olivia Adinda Putri dalam keterangan resmi diterima. Studi yang dilakukan CupoNation juga mengungkapkan sebaran daerah yang paling antusias menyambut Harbolnas 12.12.

Setidaknya ada 5 daerah di Indonesia yang masyarakatnya sangat antusias dengan adanya pesta belanja online 12.12, yaitu Sulawesi Barat, Banten, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Barat. Wilayah di Indonesia dengan volume pencarian kata kunci terpopuler 12,12 pada minggu Harbolnas adalah Sulawesi Barat dan diikuti oleh Banten.

Bagaimana Harbolnas Bisa Membuat Antusiasme Masyarakat Meningkat?

 

Selama akhir pekan belanja online Harbolnas, CupoNation juga mencatat beberapa situs belanja online yang memiliki volume penelusuran tertinggi. Situs-situs yang menduduki peringkat pertama dengan volume pencarian terbanyak di mesin pencari Google adalah Shoppe, disusul Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli. Shopee berhasil naik ke posisi pertama pada pekan Harbolnas yang sebelumnya menduduki peringkat ketiga.

Sebentar lagi pesta diskon atau yang dikenal dengan Hari Belanja Online (Harbolnas) akan segera berlangsung di Indonesia. Berdasarkan kajian Criteo, platform periklanan jaringan internet terbuka, Harbolnas masih menjadi salah satu festival belanja online yang paling ditunggu di Indonesia. Pakar Strategi Akun Senior Pelanggan Besar, SEA, Taiwan dan Hong Kong Criteo, McCarl Leonardo.

Hal tersebut menjelaskan bahwa festival belanja tahunan masih menjadi salah satu acara yang diminati masyarakat Indonesia untuk berburu barang murah. Peritel masih berlomba-lomba memberikan harga terbaik di Harbolnas. Leonardo mengatakan Criteo melakukan studi tentang Harbolnas di Indonesia dan Asia Pasifik. Kajian Harbolnas menunjukkan bahwa Harbolnas masih menjadi festival belanja terbesar di Indonesia.

Harbolnas paling ditunggu-tunggu konsumen karena pertama kali dimunculkan di Indonesia dan masyarakat lebih mengenal Harbolnas, mereka sudah tidak asing lagi dengan Harbolnas sebagai hari belanja nasional.

Selain itu, lanjut Leonardo, Harbolnas juga merupakan pesta diskon terakhir yang akan diadakan pada akhir tahun terakhir untuk e-commerce untuk meningkatkan penjualan. Leonardo mengatakan Harbolnas meningkatkan penjualan ritel online sebesar 389%. Harbolnas juga berkontribusi pada peningkatan jumlah pengunjung online sebesar 148 persen.