Kamis, 10 September 2020

Cara Menggunakan Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Menggunakan Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak - kegiatan mencuci sudah menjadi pekerjaan wajib ibu rumah tangga. Oleh karena itu, mesin cuci ibarat teman bagi mereka karena dapat membantu meringankan pekerjaan yang satu ini. Maka tak heran, jika barang elektronik rumah tangga ini digandrungi para ibu rumah tangga. Nyatanya, hampir setiap rumah memiliki mesin cuci.

Mesin cuci itu sendiri ada 2 macamnya yaitu ada mesin cuci 2 tabung dan mesin cuci 1 tabung. Kedua mesin cuci tersebut sama-sama membutuhkan energi listrik untuk menggerakkan mesin tersebut. Namun dalam penggunaannya, dibutuhkan perawatan yang tepat agar barang elektronik tersebut tidak cepat rusak. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar mesin cuci yang Anda miliki di rumah bisa awet.

Cara Menggunakan Mesin Cuci Agar Tidak Cepat Rusak

Setelah Selesai Menggunakan, Cabut Kabel di Mesin Cuci

Setiap perangkat elektronik dapat rusak sewaktu-waktu, begitu pula mesin cuci jika tidak dirawat dengan baik. Mesin cuci yang rusak tentunya akan membutuhkan biaya yang cukup banyak. Apalagi harga mesin cuci LG harga mesin cuci sangat mahal, jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Jangan lupa matikan sakelar setelah selesai menggunakan mesin cuci agar listrik tidak mengalir ke mesin cuci.

Apalagi jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, dapat membuat tegangan mesin cuci menjadi tidak stabil. Setiap mesin cuci pasti memiliki kecepatan pencucian. Jika kita memaksa mesin cuci bekerja dengan kapasitas yang melebihi batas, maka dinamo akan bekerja ekstra. Sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada mesin cuci dan menurunkan performanya. Oleh karena itu, selalu perhatikan kapasitas mesin cuci agar alat elektronik tersebut bisa awet dan tahan lama.


Bagaimana cara menggunakan mesin cuci agar tidak cepat rusak?

 

Lakukan Pembersihan Menyeluruh dari Mesin Cuci

Biasanya banyak orang yang melewatkan aktivitas yang satu ini setelah menggunakan mesin cuci. Hal ini padahal sangat penting dilakukan karena dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi pada mesin cuci. Setelah selesai menggunakan mesin cuci, usahakan untuk membersihkan mesin cuci tersebut secara menyeluruh. Anda dapat membilas perangkat elektronik menggunakan air bersih dan kemudian mengatur mode pembersihan.

Jika sudah segera kering lap dengan kain di bagian tabung dan bagian luar. Dengan begitu, sisa deterjen yang tertinggal di antara tabung bisa terbebas dari kotoran. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan saluran air agar tidak berlumut. Lakukan langkah ini setidaknya setiap dua minggu.

Tutup Panel Kontrol pada Mesin Cuci dengan Menggunakan Plastik Bening

Hal-hal yang terdengar sepele sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Agar mesin cuci Anda bisa bertahan lebih lama, usahakan bagian panel kontrolnya tetap air. Usahakan agar pengatur waktu tidak bersentuhan dengan cairan atau air, karena ini akan menyebabkan korsleting listrik. Mengingat control panel merupakan komponen yang sangat sensitif terhadap air, busa sabun dan deterjen. Dengan melindunginya, ini akan memperpanjang masa pakai mesin cuci Anda.

Tutup Mesin Cuci Saat Sudah Kering

Harga mesin cuci Sharp yang mencapai jutaan rupiah memang membuat kita harus merawat alat elektronik tersebut dengan baik agar mesin cuci tersebut bisa awet dan tahan lama. Jadi usahakan untuk merawat mesin cuci dengan baik dengan cara membersihkan tabung atau mesin dengan kain yang kering dan bersih. Pastikan perangkat elektronik tidak basah atau lembab setelah digunakan.